Dapatkan Jasa Parafrase Jurnal mulai dari 50rb dan Cek Plagiasi gratis. Pesan Sekarang

Table of Content

Jasa Mandeley di Sukabumi Tehnik Menulis Acuan

Jasa Parafrase

Jasa Mandeley di Sukabumi Tehnik Menulis Rujukan banyak digunakan untuk menulis acuan. Tetapi terbukti masih banyak yang belum mengenal panduannya. Mungkin Anda salah satunya?

Apabila Anda acap kali menulis makalah atau karya ilmiah, maka Anda perlu belajar Mendeley sehingga Anda bisa mengetahui penggunaan mendeley dalam pembuatan makalah atau karya ilmiah. Simak tutorial mendeley selengkapnya!

Mendeley sebagai Teknik Menulis Referensi

Acuan diperlukan dikala melaksanakan teknik menulis buku. Penulis yang menggunakan acuan akan membandingkan inspirasi, gambaran, dan hasil yang telah dicapai oleh penulis sebelumnya untuk menyokong isi tulisannya. Biasanya rujukan dicantumkan dalam format sitasi atau daftar pustaka.

Dikala melaksanakan teknik menulis, rujukan yang dicantumkan ditulis secara manual. Penulis akan mengetik huruf demi huruf kalimat yang dikutipnya. Sedangkan hal ini cenderung tidak efisien. Belum lagi jumlah kutipan atau referensi yang dicantumkan juga tidak sedikit.

Kemudian ketidakcermatan saat mengetik juga bisa berakibat pada kesalahan penulisan referensi. Untuk mengantisipasi hal ini, penulis bisa mengaplikasikan sistem-sistem alternatif supaya penulisan rujukan, sitasi, atau daftar pustaka bisa lebih gampang, jitu, dan pesat.

Kemudahan menulis referensi juga didukung oleh pesatnya perkembangan teknologi. Kini, banyak sekali vendor software yang berbasis comercial software atau freeware yang menyediakan program reference manager. Program hal yang demikian akan mempermudah penulis dalam mencantumkan rujukan. Ada bermacam-macam macam software yang dapat dipilih untuk memudahkan menuliskan rujukan, salah satunya Mendeley.

Dosen sudah pasti tak asing lagi dengan mendeley satu ini. Kecuali memudahkan dan menguntungkan, mendeley juga mempercepat progres dalam penyusunan daftar acuan dalam makalah atau karya ilmiah.

Jadi pada kans kali ini akan berbagi bagaimana menerapkan mendeley bagi pemula yang berkeinginan memakai aplikasi satu ini.

Cara Memakai Mendeley

Berikut metode menggunakan mendeley yang perlu Anda ketahui:

1. Unduh Mendeley

Sistem download mendeley cukup mendaftarkan surel dan password di mendeley di sini atau Anda cukup klik download

2. Buka Mendeley

Setelah terinstal, Anda dapat seketika membuka mendeley dan akan timbul tampilan halamannya

3. Hubungkan Mendeley ke Word

Langkah selanjutnya yakni mengaitkan mendeley ke Ms. Word dengan metode melakukan install ms Word ke Plugin. Setelah terdownload, langkah selanjutnya lakukan install. Saya yakin semua banyak yang telah tahu bagaimana sistem menginstal.

Setelah terpasang dan terintegrasi dengan Ms Word. Barulah dapat digunakan. Dikala kita membuka Word

Dari gambar di atas, Anda telah dapat memandang ada tambahan menu yang dapat dibuat sebagai metode mengaplikasikan mendeley nantinya.

4. Kembali ke Mendeley

Berikutnya, Anda dipinta untuk kembali ke Mendeley.

5. Membikin Folder

Jadi File PDF yang ada dibuatkan folder lebih-lebih dahulu, ini berfungsi untuk memudahkan di proses berikutnya. Untuk membikin folder

6. Drag File

Seluruh file yang sudah ada, langsung di drag ke aplikasi mendeley.

7. Cek Kelengkapan File Pada PDF.

Kadang-kadang, banyak file PDF yang tidak mempunyai identitas lengkap seperti nama penulis, tahun, dan nama jurnal. Bila hal ini terjadi, karenanya Anda sepatutnya mengerjakan editing secara manual. Sebaliknya, bila segala file PDF telah lengkap, maka Anda dapat seketika dan otomatis tertata

8. Menulis Sitasi Sistem Otomatis

Langkah berikutnya merupakan membuat sitasi referensi secara otomatis. Metode menerapkan mendeley sebenarnya cukup sederhana. Sebagai berikut.

9. Cari Menu View

Setelah Anda memilih view, karenanya akan muncul sebagian pilihan, seperti gambar di bawah

Nah, anda klik citation style. Bagaimana apabila tak ada style?  Apabila kasus, ada sebagian yang tidak ada style sitasi. Kalau hal ini terjadi, Anda bisa mendownload style di website zotero.

10. Menuliskan Jurnal

Tahap selanjutnya mengetikan jurnal yang dituju. Caranya cukup klik jurnal yang diharapkan, dan secara otomatis pun jurnal akan terdownload. Setelah itu file yang terdownload biasanya dalam format CSL dan bisa dipindah ke folder Local Disk C.

11. Cek Lokasi Meletakan Hasil Jurnal Unduh

Berikutnya disinggung sebelumnya, file yang telah terdownload dipindah ke localdisk C, kemudian pilih program file dan pilih mendeley desktop dan pilih cytation style 1.0

12. Sisipkan Sitasi

Adapun jika Anda ingin menyisipkan sitasi, cukup masuk ke menu Ms. Word > Refrence > Insert Citation.

Kemudian ketik Keyword sitasi yang Anda inginkan. Berikutnya, Anda bisa klik keyword atau kata kunci setelah klik oke.

13. Membuat Daftar Pustaka

Langkah terakhir membuat daftar pustaka, yaitu dengan klik Reference > Insert Bibiliography. maka akan secara otomatis daftar pustaka akan tersusun sendiri.

Metode-sistem di atas dapat digunakan oleh penulis untuk menambahkan sitasi ketika dalam progres mengerjakan teknik menulis. Cara tersebut lebih efektif dikerjakan sehingga penulis tak perlu menulis satu persatu referensi yang digunakan. Beraneka ini juga meminimalisasi kesalahan pengetikan dalam pencantuman referensi.

Dengan mengaplikasikan cara tersebut, penulis akan lebih kencang dalam menyelesaikan penulisan bukunya.  hanya dipakai untuk menjalankan teknik menulis, software Mendeley juga bisa diterapkan ketika seseorang menulis makalah, jurnal, atau tulisan ilmiah.  tulisan yang memakai daftar pustaka, sitasi, dan kutipan bisa diatasi dengan bantuan Mendeley.

Posting Komentar