Jasa Mandeley di Sumedang Tehnik Menulis Referensi banyak diterapkan untuk menulis acuan. Namun terbukti masih banyak yang belum mengenal panduannya. Mungkin Anda salah satunya?
Sekiranya Anda kerap kali menulis makalah atau karya ilmiah, karenanya Anda perlu belajar Mendeley sehingga Anda bisa mengetahui penerapan mendeley dalam pembuatan makalah atau karya ilmiah. Simak panduan mendeley selengkapnya!
Mendeley sebagai Teknik Menulis Rujukan
Referensi dibutuhkan dikala melaksanakan teknik menulis buku. Penulis yang mengaplikasikan rujukan akan membandingkan pandangan baru, ilustrasi, dan hasil yang telah dicapai oleh penulis sebelumnya untuk mendukung isi tulisannya. Biasanya rujukan dicantumkan dalam format sitasi atau daftar pustaka.
Ketika melaksanakan teknik menulis, referensi yang dicantumkan ditulis secara manual. Penulis akan mengetik huruf demi huruf kalimat yang dikutipnya. Walaupun hal ini cenderung tidak efisien. Belum lagi jumlah kutipan atau acuan yang dicantumkan juga tidak sedikit.
Kemudian ketidakcermatan saat mengetik juga dapat berakibat pada kesalahan penulisan acuan. Untuk mengantisipasi hal ini, penulis bisa menggunakan sistem-cara opsi supaya penulisan acuan, sitasi, atau daftar pustaka bisa lebih mudah, cermat, dan cepat.
Kemudahan menulis acuan juga ditunjang oleh pesatnya perkembangan teknologi. Sekarang, banyak sekali vendor software yang berbasis comercial software atau freeware yang menyediakan program reference manager. Program hal yang demikian akan mempermudah penulis dalam mencantumkan acuan. Ada bermacam-macam tipe software yang bisa dipilih untuk memudahkan menuliskan acuan, salah satunya Mendeley.
Dosen telah pasti tak asing lagi dengan mendeley satu ini. Kecuali memudahkan dan menguntungkan, mendeley juga mempercepat pengerjaan dalam pembentukan daftar referensi dalam makalah atau karya ilmiah.
Jadi pada kesempatan kali ini akan berbagi bagaimana menggunakan mendeley bagi pemula yang berkeinginan mengaplikasikan aplikasi satu ini.
Metode Mengaplikasikan Mendeley
Berikut cara menggunakan mendeley yang perlu Anda ketahui:
1. Download Mendeley
Metode unduh mendeley cukup mendaftarkan surat elektronik dan password di mendeley di sini atau Anda cukup klik download
2. Buka Mendeley
Setelah terinstal, Anda bisa segera membuka mendeley dan akan timbul tampilan halamannya
3. Hubungkan Mendeley ke Word
Langkah selanjutnya adalah menghubungkan mendeley ke Ms. Word dengan metode menjalankan install ms Word ke Plugin. Sesudah terdownload, langkah berikutnya lakukan install. Saya yakin semua banyak yang telah tahu bagaimana sistem menginstal.
Sesudah terpasang dan terintegrasi dengan Ms Word. Barulah bisa diaplikasikan. Ketika kita membuka Word
Dari gambar di atas, Anda sudah bisa melihat ada tambahan menu yang dapat dibuat sebagai metode menggunakan mendeley nantinya.
4. Kembali ke Mendeley
Selanjutnya, Anda diminta untuk kembali ke Mendeley.
5. Membikin Folder
Jadi File PDF yang ada dibuatkan folder terutamanya dahulu, ini berfungsi untuk memudahkan di proses selanjutnya. Untuk membuat folder
6. Drag File
Seluruh file yang sudah ada, segera di drag ke aplikasi mendeley.
7. Cek Kelengkapan File Pada PDF.
Adakalanya, banyak file PDF yang tak memiliki identitas komplit seperti nama penulis, tahun, dan nama jurnal. Seandainya hal ini terjadi, maka Anda wajib melakukan editing secara manual. Sebaliknya, seandainya semua file PDF telah lengkap, maka Anda bisa seketika dan otomatis tersusun
8. Menulis Sitasi Metode Otomatis
Langkah berikutnya adalah membuat sitasi referensi secara otomatis. Metode mengaplikasikan mendeley sebetulnya cukup sederhana. Sebagai berikut.
9. Cari Menu View
Sesudah Anda memilih view, maka akan muncul sebagian pilihan, seperti gambar di bawah
Nah, anda klik citation style. Bagaimana kalau tidak ada style? Sekiranya kasus, ada sebagian yang tak ada style sitasi. Bila hal ini terjadi, Anda dapat men-download style di situs zotero.
10. Menuliskan Jurnal
Tahap selanjutnya mengetikan jurnal yang dituju. Caranya cukup klik jurnal yang diharapkan, dan secara otomatis malah jurnal akan terdownload. Setelah itu file yang terdownload umumnya dalam format CSL dan dapat dipindah ke folder Local Disk C.
11. Cek Lokasi Meletakan Hasil Jurnal Unduh
Selanjutnya disinggung sebelumnya, file yang telah terdownload dipindah ke localdisk C, kemudian pilih program file dan pilih mendeley desktop dan pilih cytation style 1.0
12. Sisipkan Sitasi
Adapun apabila Anda berkeinginan menyisipkan sitasi, cukup masuk ke menu Ms. Word > Refrence > Insert Citation.
Kemudian ketik Keyword sitasi yang Anda inginkan. Selanjutnya, Anda dapat klik keyword atau kata kunci sesudah klik oke.
13. Membikin Daftar Pustaka
Langkah terakhir membuat daftar pustaka, yaitu dengan klik Reference > Insert Bibiliography. maka akan secara otomatis daftar pustaka akan tersusun sendiri.
Sistem-cara di atas dapat diterapkan oleh penulis untuk menambahkan sitasi dikala dalam progres mengerjakan teknik menulis. Metode hal yang demikian lebih tepat sasaran dikerjakan sehingga penulis tidak perlu menulis satu persatu referensi yang dipakai. Bermacam ini juga meminimalisasi kekeliruan pengetikan dalam pencantuman referensi.
Dengan menerapkan sistem tersebut, penulis akan lebih pesat dalam mengatasi penulisan bukunya. cuma dipakai untuk melaksanakan teknik menulis, software Mendeley juga bisa dipakai saat seseorang menulis makalah, jurnal, atau tulisan ilmiah. artikel yang mengaplikasikan daftar pustaka, sitasi, dan kutipan dapat diatasi dengan bantuan Mendeley.