Jasa Mandeley di Batu Tehnik Menulis Referensi banyak digunakan untuk menulis acuan. Tapi terbukti masih banyak yang belum mengetahui panduannya. Mungkin Anda salah satunya?
Bila Anda sering kali menulis makalah atau karya ilmiah, karenanya Anda perlu belajar Mendeley sehingga Anda dapat mengetahui pemakaian mendeley dalam pembuatan makalah atau karya ilmiah. Simak panduan mendeley selengkapnya!
Mendeley sebagai Teknik Menulis Rujukan
Rujukan dibutuhkan ketika mengerjakan teknik menulis buku. Penulis yang mengaplikasikan rujukan akan memperbandingkan inspirasi, ilustrasi, dan hasil yang telah dicapai oleh penulis sebelumnya untuk mendukung isi artikelnya. Lazimnya rujukan dicantumkan dalam bentuk sitasi atau daftar pustaka.
Dikala melaksanakan teknik menulis, referensi yang dicantumkan ditulis secara manual. Penulis akan mengetik huruf demi huruf kalimat yang dikutipnya. Sedangkan hal ini cenderung tidak efisien. Belum lagi jumlah kutipan atau acuan yang dicantumkan juga tak sedikit.
Kemudian ketidakcermatan dikala mengetik juga dapat berpengaruh pada kekeliruan penulisan referensi. Untuk mengantisipasi hal ini, penulis dapat menerapkan sistem-metode alternatif supaya penulisan acuan, sitasi, atau daftar pustaka dapat lebih gampang, jitu, dan cepat.
Kemudahan menulis rujukan juga didorong oleh pesatnya perkembangan teknologi. Sekarang, banyak sekali vendor software yang berbasis comercial software atau freeware yang menyediakan program reference manager. Program tersebut akan mempermudah penulis dalam mencantumkan acuan. Ada berbagai tipe software yang dapat dipilih untuk mempermudah menuliskan referensi, salah satunya Mendeley.
Dosen sudah pasti tak asing lagi dengan mendeley satu ini. Kecuali mempermudah dan menguntungkan, mendeley juga mempercepat pengerjaan dalam pembentukan daftar acuan dalam makalah atau karya ilmiah.
Jadi pada kesempatan kali ini akan berbagi bagaimana menerapkan mendeley bagi pemula yang berharap menerapkan aplikasi satu ini.
Sistem Mengaplikasikan Mendeley
Berikut sistem menerapkan mendeley yang perlu Anda kenal:
1. Unduh Mendeley
Sistem download mendeley cukup mendaftarkan surat elektronik dan kata kunci di mendeley di sini atau Anda cukup klik unduh
2. Buka Mendeley
Setelah terinstal, Anda bisa segera membuka mendeley dan akan timbul tampilan halamannya
3. Hubungkan Mendeley ke Word
Langkah selanjutnya yaitu menghubungkan mendeley ke Ms. Word dengan sistem melakukan install ms Word ke Plugin. Sesudah terdownload, langkah berikutnya lakukan install. Aku yakin segala banyak yang telah tahu bagaimana metode menginstal.
Sesudah terpasang dan terintegrasi dengan Ms Word. Barulah bisa diterapkan. Dikala kita membuka Word
Dari gambar di atas, Anda telah bisa memandang ada tambahan menu yang bisa dihasilkan sebagai metode mengaplikasikan mendeley nantinya.
4. Kembali ke Mendeley
Selanjutnya, Anda dipinta untuk kembali ke Mendeley.
5. Membuat Folder
Jadi File PDF yang ada dibuatkan folder terlebih dahulu, ini berfungsi untuk mempermudah di proses selanjutnya. Untuk membuat folder
6. Drag File
Segala file yang sudah ada, segera di drag ke aplikasi mendeley.
7. Cek Kelengkapan File Pada PDF.
Sekali-sekali, banyak file PDF yang tidak memiliki identitas lengkap seperti nama penulis, tahun, dan nama jurnal. Jikalau hal ini terjadi, karenanya Anda patut menjalankan editing secara manual. Sebaliknya, kalau semua file PDF sudah komplit, karenanya Anda dapat lantas dan otomatis tersusun
8. Menulis Sitasi Cara Otomatis
Langkah selanjutnya merupakan membikin sitasi referensi secara otomatis. Metode menggunakan mendeley sesungguhnya cukup sederhana. Sebagai berikut.
9. Cari Menu View
Sesudah Anda memilih view, karenanya akan timbul beberapa pilihan, seperti gambar di bawah
Nah, anda klik citation style. Bagaimana sekiranya tak ada style? Sekiranya kasus, ada beberapa yang tak ada style sitasi. Kalau hal ini terjadi, Anda dapat men-download style di situs zotero.
10. Menuliskan Jurnal
Tahap selanjutnya mengetikan jurnal yang dituju. Caranya cukup klik jurnal yang diharapkan, dan secara otomatis malahan jurnal akan terdownload. Setelah itu file yang terdownload lazimnya dalam bentuk CSL dan dapat dipindah ke folder Local Disk C.
11. Cek Lokasi Meletakan Hasil Jurnal Download
Berikutnya disinggung sebelumnya, file yang sudah terdownload dipindah ke localdisk C, kemudian pilih program file dan pilih mendeley desktop dan pilih cytation style 1.0
12. Sisipkan Sitasi
Adapun bila Anda mau menyisipkan sitasi, cukup masuk ke menu Ms. Word > Refrence > Insert Citation.
Kemudian ketik Keyword sitasi yang Anda inginkan. Selanjutnya, Anda dapat klik keyword atau kata kunci sesudah klik oke.
13. Membuat Daftar Pustaka
Langkah terakhir membuat daftar pustaka, adalah dengan klik Reference > Insert Bibiliography. maka akan secara otomatis daftar pustaka akan tersusun sendiri.
Cara-metode di atas bisa dipakai oleh penulis untuk menambahkan sitasi saat dalam proses mengerjakan teknik menulis. Sistem tersebut lebih tepat sasaran dijalankan sehingga penulis tidak perlu menulis satu persatu referensi yang dipakai. Beragam ini juga meminimalisasi kesalahan pengetikan dalam pencantuman acuan.
Dengan memakai metode tersebut, penulis akan lebih pesat dalam mengatasi penulisan bukunya. hanya diterapkan untuk melakukan teknik menulis, software Mendeley juga dapat dipakai saat seseorang menulis makalah, jurnal, atau tulisan ilmiah. artikel yang memakai daftar pustaka, sitasi, dan kutipan bisa diselesaikan dengan bantuan Mendeley.